Meluaskan Manfaat Qurban, Human Initiative Tambah Sebaran Wilayah untuk Tahun 2023

14 Juni 2023
Meluaskan Manfaat Qurban, Human Initiative Tambah Sebaran Wilayah untuk Tahun 2023

Depok, Jawa Barat – Mengangkat tema ‘Qurban Penuh Manfaat’ di tahun 2023, Human Initiative menambah sebaran wilayah qurban di Indonesia dan luar negeri. Pemilihan titik ini berdasarkan tingkat prasejahtera, wilayah 3T, hingga kerentanan masyarakat di wilayah tersebut seperti disabilitas, terdampak bencana, hingga terdampak konflik.

Miftahul Surur, Leader Squad Qurban Human Initiative mengungkapkan bahwa daging qurban yang melimpah di perkotaan justru berkebalikan di wilayah-wilayah calon penerima manfaat qurban ini. Sedikitnya pequrban hingga ketiadaan pequrban di wilayah tersebut, membuat masyarakat jarang mencicipi daging qurban pada momentum Iduladha.

“Dari tingkat prasejahtera yang tinggi, membuat masyarakat memilih bahan makanan lain sebagai asupan gizi harian. Sayangnya saat Iduladha, mereka juga sangat jarang mendapatkan kesempatan mengkonsumsinya,” ujar Surur.

Meluaskan Qurban Penuh Manfaat

Data Organization of Economic Cooperation and Development menyebutkan bahwa konsumsi daging sapi di Indonesia pada 2021 hanya sebesar 2,2 kg per kapita. Angka ini masih di bawah rata-rata dunia sebesar 6,4 kg per kapita.

Fakta ini mendukung Human Initiative untuk semakin meluaskan manfaat qurban. Maka, pada tahun ini Human Initiative menargetkan untuk meluaskan Qurban hingga ke 171 Kabupaten pada 21 Provinsi di Indonesia.

“Adapun penerima manfaat qurban di tahun ini lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2022, terdata 215.410 keluarga telah menerima manfaat qurban melalui Human Initiative. Tahun 2023 ini, Human Initiative menargetkan sebanyak 329.724 keluarga akan menerima Qurban Penuh Manfaat,” ungkap Surur.

Tahun 2023 ini, juga menjadi momentum Human Initiative mengubah program Sebar Qurban Nasional menjadi Sebar Qurban. Pengubahan ini berkaitan dengan sasaran wilayah penerima manfaat yang lebih luas dari tahun-tahun sebelumnya.

Selain meningkatkan jumlah wilayah penerima manfaat pada Kabupaten di Indonesia, yang semula 131 menjadi 171, Human Initiative juga meluaskan jangkauan qurban secara internasional. Tahun lalu Human Initiative hanya menjangkau Uganda dan Somalia, pada tahun ini Human Initiative akan menjangkau Somalia, Uganda, Palestina, Myanmar, Turki, Kenya, Tanzania, dan Bosnia.

Siap meluaskan manfaat qurbanmu tahun ini? Yuk, pilih qurbanmu sekarang melalui https://solusipeduli.org/campaign-fundraiser/qurban-kompas/.

Sumber:

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/25/konsumsi-daging-indonesia-masih-di-bawah-rata-rata-dunia

0

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-812-8080-4561