Menjejakkan Kebaikan Qurban untuk Komunitas Mualaf Ex Timor Timur

Menjejakkan Kebaikan Qurban untuk Komunitas Mualaf Ex Timor Timur

30 Juni 2023

Kupang, Nusa Tenggara Timur – Menjejakkan kebaikan qurban ke berbagai pelosok Indonesia merupakan pengalaman berharga bagi Human Initiative. Salah satu pelosok Indonesia yang memberikan inspirasi kebaikan bagi Human Initiative adalah lingkungan mualaf yang juga pengungsi ex Timor Timur yang berada di Desa Noelbaki, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. 

Human Initiative melalui perwakilan kantor pusat dan kantor cabang mengunjungi Desa Noelbaki, yang merupakan salah satu desa penerima manfaat Sebar Qurban 2023. Ade Putri Maesaroh, General Manager Organizational Development Human Initiative yang mendapatkan banyak kesempatan berbincang dengan masyarakat setempat mengungkapkan fakta toleransi beragama di sana. 

Dalam catatan kecil Ade sampaikan, ia bercerita bahwa beberapa keluarga masih ada yang beragam non muslim namun mereka hidup dengan toleransi yang tinggi. “Kelompok non muslim mengusulkan untuk dibuatkan musala, agar kelompok Muslim tidak perlu terlalu jauh untuk berjalan ke Masjid,” ungkapnya. 

 

Alasan Sebar Qurban Hingga ke Desa Noelbaki 

Ustadz Zakaria Fernandes, Koordinator Mualaf ex Timor Timur yang juga seorang mualaf ini mengungkapkan banyak hal tentang kehidupan mualaf di Desa Noelkbaki. Ia berkisah bahwa sebetulnya masyarakat di camp pengungsian juga mengonsumsi nasi dan sayur, sama seperti yang lainnya. 

Sayangnya, masyarakat di Desa Noelkabki sangat jarang mengonsumsi daging. Lezatnya daging ini hanya mereka rasakan saat hari Iduladha. Hal ini membuat Iduladha semakin bermakna bagi semua masyarakat mualaf di sana. 

“Keberadaan para pengungsi di sini, untuk beli beras satu kilogram saja sudah susah, apalagi membeli satu kilogram daging. Jadi kami memprioritaskan, lebih baik beli satu kilogram beras saja, karena harga daging sekarang sudah lebih dari Rp100 ribu per kilogram,” ungkap Ustadz Zakaria. 

 

Yang Pertama Hadir dari Jakarta 

Human Initiative menjadi organisasi kemanusiaan global sangat bersyukur telah mendapatkan kepercayaan dari donatur untuk menyalurkan manfaat qurbannya. Akan tetapi ungkapan dari Ustadz Zakaria membuat Human Initiative semakin bersemangat untuk terus meluaskan kebaikan. 

“Relawan Human Initiative merupakan orang Jakarta yang pertama hadir di Desa kami,” ujar Ustadz Zakaria. 

Selanjutnya Ustadz Zakaria mewakili komunitasnya juga menghaturkan rasa terima kasih karena Desa Noelbaki menjadi wilayah penerima manfaat Sebar Qurban 2023. “Semoga Allah subhanahu wa ta’alaa memberikan umur yang panjang, agar kita bertemu kembali di tahun depan,” pungkasnya. 

 

Yuk, jadi bagian dari Sebar Qurban 2023 dan meluaskan manfaat qurbanmu hingga ke pelosok Indonesia dan negara lainnya. Masih ada waktu untuk merealisasikan niat qurbanmu hingga Minggu, 2 Juli 2023. Bersama Human Initiative, tunaikan qurbanmu melalui solusipeduli.org/qurban. 

2

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-812-8080-4561