Perluas Manfaat, Human Initiative Ajak Masyarakat Sebar Qurban Hingga ke Afrika

8 Juni 2023
Perluas Manfaat, Human Initiative Ajak Masyarakat Sebar Qurban Hingga ke Afrika

Human Initiative – Berqurban menjadi salah satu ibadah yang manfaatnya bisa terasa bagi banyak orang, salah satunya bagi pengungsi di negara-negara benua Afrika. Kondisi penuh keterbatasan membuat daging qurban menjadi pangan yang luar biasa mewah bagi mereka. Maka dari itu, mengajak masyarakat perluas manfaat qurban hingga ke Afrika.

Human Initiative pada tahun 2023 ini resmi meluncurkan program Sebar Qurban, yang semula adalah Sebar Qurban Nasional. Pengubahan ini terkait dengan sebaran wilayah dalam negeri dan internasional yang lebih banyak dari tahun sebelumnya.

Di benua Afrika, negara Uganda, Somalia, Kenya dan Tanzania menjadi negara yang menjadi penerima manfaat program Sebar Qurban tahun ini. Pendistribusian ke negara di Afrika ini diharapkan dapat berdampak positif bagi para penerima manfaat qurban di sana.
 


Kondisi di Afrika, Masih Sama

Royaldo Gia Pratama selaku Program Manager Disaster Risk Management Human Initiative bercerita tentang kondisi Afrika yang belum berubah, masih sama. Ia mengungkapkan bahwa fasilitas pendidikan di Afrika masih terbatas. Maka, tidak heran masyarakat di sana banyak yang sekolah hanya sampai tingkat dasar (SD), putus sekolah, bahkan tidak bersekolah.

“Hal ini juga pastinya berdampak pada penghasilan masyarakat yang sangat rendah. Bahkan apabila dirupiahkan, hanya sebesar satu juta rupiah per bulan. Kondisi ini akan jauh lebih berat bagi warga yang hidup di pengungsian,” ujar Aldo.

Meskipun dalam kondisi prasejahtera, muslim di empat negara tersebut sangat bahagia saat Iduladha tiba. Mereka akan merayakannya dengan masak dan makan bersama, bisa dikatakan lebih semarak dari kebiasaan kita di Indonesia.

Untuk memenuhi kebutuhan protein hewani masyarakat prasejahtera, Human Initiative telah menargetkan kebaikan bagi keluarga di Afrika. Targetnya, Human Initiative akan mendistribusikan manfaat qurban untuk 22 ribu keluarga di Somalia, 20 ribu keluarga di Uganda, 9 ribu sampai 10 ribu keluarga di Kenya, dan 10 ribu keluarga di Tanzania.

Yuk bantu Saudara prasejahtera di Afrika merayakan Iduladha dengan lezatnya daging qurban kita. Bersama Human Initiative, mari bersama-sama bahagiakan mereka yang jauh di sana dengan  1/7 sapi qurbanmu melalui Human Initiative di solusipeduli.org
 

0

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-812-8080-4561