Program Klaster Berdaya: Upaya Tingkatkan Ekonomi Rakyat Desa di Indonesia Timur

7 Oktober 2022
Program Klaster Berdaya: Upaya Tingkatkan Ekonomi Rakyat Desa di Indonesia Timur

Leihitu – Kamis, (29/9) Human Initiative Maluku melaksanakan Launching program Klaster Berdaya, olahan pangan lokal Sagu Tumbuk di Desa Morella, Leihitu, Maluku Tengah. Acara tersebut berlangsung di Gedung Balai Desa Morella.

Pada kegiatan tersebut, turut hadir Kepala Cabang HI Maluku, Bapak Raja, dan para Ibu Kelompok Usaha Sagu Tumbu serta para staff kantor Desa Morella. Kegiatan Launching Program ini sebagai tanda persemian program pemberdayaan Sagu Tumbuk di Desa Morella.

“Kami sangat mengapresiasi program klaster berdaya ini. Semoga ini dapat bermanfaat untuk masyarakat Negeri Morella,” ujar Fadil Sialana,S.Ag, Raja Negeri Morella, dalam sambutannya.

Kegiatan berlangsung dengan prosesi pemotongan pita dan penyerahan plakat program untuk perwakilan masing-masing kelompok usaha. Pemotongan pita dilakukan secara bersamaan oleh Kepala Cabang Human Intiative Maluku dan Bapak Raja Desa Morella.

“Program Klaster Berdaya ini akan berfokus pada pendampingan masyarakat dalam aspek perencanaan bisnis, pelatihan, mentoring bisnis hingga support modal usaha untuk mengembangkan usaha,” tutur Ikbal Hulihulis, Kepala Cabang Human Initiative Maluku.

“Sagu Tumbuk itu salah satu produk olahan dari sagu yang merupakan pangan lokal di Maluku. Kami berharap terjalin kolaborasi yang baik antara kelompok binaan, pemerintah Negeri bersama Human Initiative dalam mengimplementasikan program ini dari awal hingga akhir sehingga tujuan dari program ini dapat tercapai dan dapat meningkatkan perekonomian kelompok binaan,” tambahnya.

Desa Morella sendiri merupakan salah satu Desa di Maluku yang memiliki produk unggulan yaitu Sagu Tumbuk. Produk ini sangat diminati oleh masyarakat kota Ambon bahkan di luar kota Ambon. Desa Morella juga memiliki tempat wisata bernama Lubang Buaya, sehingga hal itu menjadi peluang besar untuk memasarkan produk Sagu Tumbuk. Terdapat empat Kelompok Usaha Olahan Sagu Tumbuk yang menjadi intervensi program. Produksi Sagu Tumbuk sendiri bisa mencapai 100-200 paket dalam sekali pemesanan.

Sahabat Inisiator, Silahkan Berkunjung ke Solusipeduli.org untuk dukungan terhadap program-program kebaikan Human Initiatif.

Penulis : Faturrahmah Arfanti Prihatiwi Fara

Editor : MGP

0

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-812-8080-4561