Serangan Israel Memutus Seluruh Saluran Komunikasi di Gaza 

28 Oktober 2023
Serangan Israel Memutus Seluruh Saluran Komunikasi di Gaza 

Gaza, Palestina – Serangan militer Israel pada Jumat (27/10) telah merusak dan memutus seluruh saluran komunikasi di Gaza, Palestina. Hingga hari ini, berbagai badan dan lembaga kemanusiaan yang mendukung kebutuhan dasar penyintas warga sipil Palestina telah kehilangan kontak dengan relawan mereka. 

Sekretaris Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Ghebreyesus mengabarkan bahwa mereka tidak bisa menghubungi tim WHO serta mitra-mitra kemanusiaan lainnya di Gaza, Palestina. Melalui akun X resmi miliknya @DrTedros, ia menyampaikan kekhawatirannya. 

“Kami telah kehilangan kontak dengan staf kami, fasilitas kesehatan, pekerja kesehatan, dan mitra kemanusiaan kami lainnya di Gaza. Pengepungan ini membuat saya sangat prihatin atas keselamatan mereka dan risiko kesehatan pasien yang rentan,” tulisnya. 

Tedros, dalam unggahannya, juga mendesak perlindungan dan akses masuknya bantuan kemanusiaan sesegera mungkin bagi semua warga sipil di Palestina. Dalam unggahan lainnya, ia juga menyampaikan bahwa pengeboman di Gaza sangat menyedihkan dan sulit untuk menemukan tempat berlindung yang aman. 

“Evakuasi pasien tidak mungkin dilakukan dalam keadaan seperti itu, atau untuk menemukan tempat berlindung yang aman. Pemadaman listrik juga membuat ambulans tidak bisa menjangkau korban cedera,” ungkapnya.

Kondisi Palestina Semakin Tidak Ideal

Melansir dari Al Jazeera pada hari ini (28/10) 06.41 GMT, pengeboman yang militer Israel lakukan terus berlanjut di utara Gaza. Serangan darat ini bersamaan dengan penembakan artileri di timur Rafah. 

“Pemadaman komunikasi dan internet di seluruh Gaza telah berlangsung selama lebih dari 12 jam. Bertepatan dengan meningkatnya serangan udara dan penembakan artileri serta angkatan laut di berbagai daerah,” tulis Al Jazeera berdasarkan laporan koresponden. 

Human Initiative sebagai salah satu lembaga kemanusiaan berdaya jangkau global juga menghadapi hal serupa seperti WHO. Sejak Jumat (27/10), Human Initiative sulit terhubung dengan mitra kolaborasi kemanusiaan di Gaza, Palestina. Bahkan hingga hari ini, Human Initiative blum mendapatkan centang dua pada pesan yang dikirim sebagai tanda pesan telah diterima. 

Dalam kondisi yang sangat terbatas dan tidak ideal, Human Initiative bersama mitra kolaborasi kemanusiaan di Palestina terus berupaya untuk tetap berkoordinasi. Sebagaimana komitmen kepada masyarakat Indonesia, Human Initiative dan mitra kolaborasi di Palestina mengupayakan amanah ini tersalurkan untuk kebutuhan dasar para penyintas. 

 

Sumber Data:
1. https://twitter.com/DrTedros/status/1717989993577173013
2. https://twitter.com/DrTedros/status/1718160325323735365
3. https://www.aljazeera.com/news/liveblog/2023/10/28/israel-hamas-war-live-israeli-bombings-intensify-as-gaza-goes-dark
 

Sumber Foto:
Israel intensified its bombardment of Gaza overnight. (AFP: Yousef Hassouna) 

2

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-812-8080-4561