Memperingati HKB 2022, Human Initiative Adakan Apel Siaga di 14 Kota

Memperingati HKB 2022, Human Initiative Adakan Apel Siaga di 14 Kota

27 April 2022

DEPOK –  Memperingati hari kesiapsiagaan bencana (HKB), Selasa (26/4) ini Human Initiative mengadakan Apel Siaga. Kegiatan ini berlangsung di Initiative Building Headquarter, Cimanggis, Kota Depok. Kegiataan ini juga berjalan secara serempak di 13 cabang Human Initiative se-Indonesia. Selain memperingati HKB 2022 dengan Apel Siaga, Human Initiative juga mengadakan simulasi bencana gempa dan kebakaran. Acara berlangsung dari pagi hingga siang hari.

Simulasi bencana gempa dan kebakaran membuka rangkaian kegiatan Human Initiative di hari kesiapsiagaan bencana. Selama simulasi berlangsung, tim Human Initiative mengadakan live report melalui Instagram kepada Sahabat Inisiator tentang bagaimana sebaiknya kita bertindak ketika terjadi bencana alam, khususnya gempa dan kebakaran.

Selanjutnya, Human Initiative mengadakan apel siaga. Selain di Initiative Building, Depok, Kegiatan ini juga berlangsung di 13 cabang Human Initiative se-Indonesia. Di samping itu, salah satu dari 3 program inti Human Initiaive adalah Initiative for Disaster. Melalui program tersebut, Human Initiative memiliki tujuan untuk mengurangi atau menghindari potensi kerugian dari bahaya bencana alam, memastikan bantuan yang cepat dan tepat bagi para warga terdampak, dan dapat mencapai pemulihan yang cepat, efektif, dan bermartabat.

Di hari kesiapsiagaan bencana 2022 ini, Human Initiative juga berkomitmen untuk terus memberikan edukasi kepada masyarakat sebagai upaya mitigasi resiko ketika menghadapi bencana. Hal ini juga sesuai dengan arahan presiden RI Joko Widodo pada Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) Penanggulangan Bencana Tahun 2022.

Pada arahannya, Presiden Joko Widodo menekankan pada pembangunan sistem edukasi kebencanaan berkelanjutan di daerah rawan bencana. Budaya sadar kebencanaan harus kita mulai sejak dini mulai dari individu, keluarga, komunitas, sekolah sampai lingkungan masyarakat. Indonesia tangguh bencana harus dilakukan semua pihak.

Sahabat Inisiator, di Hari Kesiapsiagaan Bencana 2022 ini, mari kita menjadi bagian dari masyarakat yang tanggap akan bencana. Persiapan tersebut bukan untuk kita saja, namun juga bermanfaat untuk orang-orang di sekitar kita. Terimakasih atas inisiatif baik kalian.

 

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-812-8080-4561