Audiensi dan FGD Program Ketahanan Pangan bersama Kelompok Disabilitas

Audiensi dan FGD Program Ketahanan Pangan bersama Kelompok Disabilitas

24 Juni 2021

Bandung – Human Initiative Jawa Barat bersama Kelompok Disabilitas Pratama Mandiri melaksanakan audiensi sekaligus diskusi secara terarah Focus Group Discussion (FGD) mengenai program ketahanan pangan pada, Senin (21/6/2021) Cimahi, Jawa Barat.

Program Ketahanan Pangan bagi kelompok disabilitas ini merupakan salah satu bentuk kolaborasi dari PT Swamedia bersama Human Initiative Jawa Barat yang berfokus untuk mewujudkan kemandirian dan kepedulian bagi disabilitas terutama di wilayah Jawa Barat.

Mengingat ditengah kondisi pandemi yang kian melonjak, dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan, kali ini kegiatan audiensi dan FGD dibatasi hanya diikuti oleh 10 orang perwakilan dari kelompok disabilitas dan dilaksanakan di saung kelompok dengan penuh suka cita dan antusias dari masing-masing peserta.

Ditengah diskusi, salah satu peserta (Srie) menyampaikan pendapatnya mengenai permasalahan utama yang kini dihadapi diantaranya keterampilan dan pengetahuan kelompok dalam budidaya sayuran dan pembuatan pupuk alami yang masih kurang, kondisi saung kelompok yang sudah lapuk dan kerap diterpa hujan, serta minimnya pendampingan dan bantuan alat pertanian kerap menyebabkan hasil panen (seperti: jagung, mentimun, cabai, dan ikan lele) tidak optimal dan kian merugi. Hal ini tentunya menjadi pilu karena untuk pendanaan kegiatan kelompok selama ini hanya mengandalkan kas kelompok secara swadaya.

Dalam acara diskusi yang dipandu oleh tim Human Initiative Jabar selama 2 jam 30 menit menyimpulkan terdapat beberapa potensi yang bisa dioptimalkan dan digali secara lebih jauh diantaranya tingginya minat dan motivasi kelompok disabilitas dalam bidang pertanian dan usaha ternak, masih belum optimalnya pemanfaatan lahan seluas 1.2 Ha serta modal gotong royong kelompok yang tinggi dalam setiap melaksanakan kegiatan bersama.

Harapannya kedepan setelah mendapatkan informasi dari hasil diskusi ini, semoga program Ketahanan Pangan bagi kelompok disabilitas ini dapat menyasar pada penguatan fokus pengelolaan kelembagaan, sarana infrastruktur, dan pemasaran produk hasil pertanian secara lebih baik dan optimal.

Mohon doa dan dukungan terus ya sahabat inisiator, semoga program ketahanan pangan ini mampu meringankan beban sesama dan membangun kemandirian kelompok disabilitas.

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-811-9342-667