Banjir Melanda Sulawesi Selatan, Human Initiative Bantu Evakuasi Warga Terdampak

13 Februari 2023
Banjir Melanda Sulawesi Selatan, Human Initiative Bantu Evakuasi Warga Terdampak

Makassar – Hujan deras sejak dini hari Senin (13/2) yang mengguyur Provinsi Sulawesi Selatan mengakibatkan banjir di sejumlah wilayah termasuk kota Makassar. Kondisi tersebut bertambah parah dengan kejadian air laut yang sedang pasang. Akibatnya, wilayah pinggir dan tengah kota mengalami banjir dengan ketinggian hingga 1 meter.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca untuk wilayah Sulawesi Selatan. Menurut pantauan BMKG, hujan lebat diperkirakan terjadi dari tanggal 12 – 16 Februari 2023.

Wali kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto meninjau langsung lokasi terdampak untuk memastikan keamanan masyarakat. Ia juga menyampaikan bahwa seluruh Satuan Perangkat Daerah (SKPD) kota Makassar siap siaga dalam menangani kejadian tersebut.

“Kami bersama bersama seluruh SKPD kota Makassar hari ini turun ke lapangan untuk memastikan masyarakat dalam keadaan selamat,” ujarnya.

“Bagi seluruh warga Makassar, mari selamatkan diri kita dan keluarga kita. Kami himbau untuk tidak keluar rumah dulu untuk sementara ini. Lalu lintas juga sedang tidak kondusif dan banyak kendaraan yang terjebak banjir. Kami juga standby untuk melakukan proses evakuasi warga terutama yang sedang sakit,” tutup Wali kota Makassar.

 

Human Initiative Bantu Evakuasi Warga Terdampak

Merespons kejadian tersebut, Tim Human Initiative (HI) Sulawesi Selatan telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait. Relawan HI di lapangan juga turut membantu proses evakuasi di salah satu wilayah terdampak.

“Saat ini kami telah berkoordinasi dengan beberapa pihak. Kami juga telah mengirimkan tim relawan beserta perahu karet dan mobil rescue untuk membantu proses evakuasi warga terdampak,” tutur Swardi, Kepala Cabang Human Initiative Sulsel.

Sahabat Inisiator, mari kita berdoa untuk keselamatan saudara-saudara kita yang terdampak banjir di Sulawesi Selatan. Kalian juga berkontribusi melalui solusipeduli.org

 

Sumber :

0

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-812-8080-4561