"> "> "> Bantu Penyintas Kampung Tangseng, Tim Human Initiative Kirim Terpal dan Selimut - Human Initiative
Bantu Penyintas Kampung Tangseng, Tim Human Initiative Kirim Terpal dan Selimut

Bantu Penyintas Kampung Tangseng, Tim Human Initiative Kirim Terpal dan Selimut

9 Januari 2020

Kamis pagi (09/01/2020) Tim Human Initiative menerobos gerimis dan jalanan yang sempit, licin, serta berliku untuk menuju Kampung Tangseng, Desa Sukaraksa, Kecamatan Cigudeg, Bogor untuk mendistribusikan bantuan 105 terpal dan 140 selimut dari Pegadaian Syariah.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 20 menit dari pos Human Initiative yang terletak di Desa Cigudeg, tim berhasil mencapai titik pengungsian Kampung Tangseng. Terdapat dua titik pengungsian di kampung tersebut, yaitu di RT 2 (Kampung Tangseng Bawah) dan di RT 3 (Kampung Tangseng Atas). Di Kampung Tangseng Bawah terdapat 67 KK atau 221 jiwa dengan 7 balita. Sementara di Kampung Tangseng Atas terdapat 87 KK atau 283 jiwa.

Penyintas membuat tenda-tenda pengungsian yang masing-masing ditinggali 5 hingga 9 jiwa. Letak pengungsian yang berada di dataran tinggi dan hampir setiap hari diguyur hujan, membuat kondisi pengungsian terasa lembab, dingin, dan becek berlumpur.

Di Kampung Pengungsian Atas, tim bertemu Emak Ijah (70 tahun). Emak Ijah dan 9 anggota keluarganya tinggal di sebuah tenda. Jumlah anggota keluarga yang banyak membuat kondisi tenda sempit dan kurang nyaman. Emak Ijah berinisiatif untuk mendirikan sebuah tenda baru di depan tenda anaknya. Ketika tim sampai ke lokasi pengungsian, terlihat rangka tenda yang belum beratap.

“Saya sudah tinggal 8 hari di tenda ini sama anak dan cucu saya. Ada 9 orang di tenda ini. Sempit. Makanya saya sama Bapak (suaminya) mau bikin tenda baru. Tapi belum ada atapnya. Alhamdulillah hari ini dapat terpal. Terima kasih banyak ya, Neng.” kata Emak Ijah sembari menunjukkan kerangka tenda yang sudah berdiri.

Selain masih membutuhkan terpal dan selimut, para penyintas di Kampung Tangseng, Desa Sukaraksa, Kecamatan Cigudeg, Bogor juga masih membutuhkan bantuan sarana air bersih dan sanitasi (MCK, torn air, pipanisasi), bahan makanan dan peralatan masak, serta layanan kesehatan (termasuk obat-obatan). [Riyanti/Human Initiative]

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-811-9342-667