Bantuan Alat Pres Pupuk, Wujud AQUA dan Human Initiative Dukung Pertanian Sehat di Subang

6 Juli 2023
Bantuan Alat Pres Pupuk, Wujud AQUA dan Human Initiative Dukung Pertanian Sehat di Subang

Subang, Jawa Barat – AQUA bersama Human Initiative berkolaborasi mendistribusikan dukungan tambahan berupa alat pres pupuk kepada Kelompok Tani Organik Mandiri di Desa Pasanggrahan, Kabupaten Subang, Jawa Barat (13/6). Bantuan alat pres pupuk ini memudahkan para petani untuk menyaring pupuk dari ampasnya setelah proses fermentasi selama sekitar 30 sampai 40 hari. 

Unit Pengelolaan Pupuk Organik sederhana yang Kelompok Tani Organik Mandiri bangun telah memiliki kapasitas produksi hingga 800 liter pada satu kali musim tanam. Maka, berbagai dukungan yang telah mereka terima akan melancarkan praktik pertanian sehat yang mereka jalankan. 

“Saya mewakili Kelompok Tani Mandiri berterima kasih atas bantuan berupa alat pres pupuk. Alat ini akan kami gunakan dan sedikit memodifikasi untuk memudahkan penggunaannya,” ungkap Romaya selaku Ketua Kelompok Tani. 

 

Bustanul Aripin Nasir, Kepala Bidang Program Human Initiative Jawa Barat mengutarakan bahwa tidak hanya alat pres pupuk saja yang mereka distribusikan. AQUA bersama Human Initiative juga mendistribusikan bantuan benih hortikultura dan polibag. 

“Kebutuhan benih dan polibag ini sesuai dengan kebutuhan petani. Tidak hanya bertanam padi, namun mereka juga bertanam hortikultura untuk kemudian menjualnya ataupun untuk memenuhi kebutuhan sayuran keluarga,” ungkapnya. 

Sebelumnya, AQUA bersama Human Initiative telah memberikan dukungan berupa drum yang berguna bagi proses fermentasi pupuk. Maka, bantuan terbaru ini kian mendukung langkah-langkah berdikari para Petani. 

Sebagai mitra kolaborasi, AQUA juga mengharap Program Pertanian Sehat dari Human Initiative ini terus berlanjut. Adapun kegiatan ini sebagai upaya untuk meningkatkan pendapatan para petani di Desa Pasanggrahan, Kabupaten Subang, Jawa Barat. 

 

Reporter: Dedeh Ratna – Human Initiative Jawa Barat 

1

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-812-8080-4561