Belajar Mencintai Lingkungan dengan Menyusuri Sungai Ciliwung

11 Juli 2023
Belajar Mencintai Lingkungan dengan Menyusuri Sungai Ciliwung

Jakarta – Human Initiative bersemangat menjadi bagian dalam rangkaian acara ‘Edukasi Sungai’ dari Khatulistiwa Respon Tim di bantaran Sungai Ciliwung, samping Stasiun BNI City, Sudirman, Jakarta (9/7). Kolaborasi bersama Human Initiative dan beberapa organisasi lainnya ini sebagai bentuk upaya mengajak masyarakat belajar mencintai lingkungan. 

Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi), mengungkapkan kondisi sungai di DKI Jakarta ada pada tahap yang mengkhawatirkan. Bahkan pada April 2022, Walhi mengungkapkan bahwa sungai-sungai di DKI Jakarta ada pada fase pencemaran sedang dan berat. 

Human Initiative dengan salah satu pilar program Initiative for Disaster Management, bersemangat dalam kolaborasi bersama Khatulistiwa Respon Tim. Pada kegiatan tersebut, Human Initiative memberikan pengalaman baru bagi masyarakat. Bukan hanya menyediakan peralatan perahu karet, Human Initiative juga menerjunkan relawan, sekaligus memberikan pemahaman mengenai kondisi sungai di Jakarta. 

 

Bersih-bersih Sungai Ciliwung 

Kegiatan edukasi lingkungan ini merupakan rangkaian acara ‘Edukasi Sungai’ yang mengajak segenap masyarakat untuk mencintai sungai dengan bersama-sama menaiki perahu karet. Namun tidak hanya sekadar menyusuri sungai, para relawan juga mengajak masyarakat mengambil sampah yang melalui perahu karet mereka. 

“Kegiatan ini merupakan bentuk edukasi kepada masyarakat untuk sadar lingkungan, dan melindungi sungai. Saat menyusuri sungai dengan menggunakan perahu karet, masyarakat juga diajak untuk membersihkan sungai dari sampah,” ungkap Subur Rojinawi, Senior Officer Disaster Risk of Management Human Initiative. 

Dari wawancara eksklusif ANTARA kepada para peserta yang mengikuti kegiatan Edukasi Sungai, banyak dari mereka yang sangat antusias. Mulai dari berlatih memilah sampah, hingga berharap sungai di Jakarta bisa bersih dan tidak banjir lagi. 

 

Terlewat Momen Ini? 

Sahabat Inisiator terlewat momen ini? Jangan khawatir, Khatulistiwa Respon Tim mengungkapkan akan melaksanakan Edukasi Sungai ini setiap akhir pekan. Tujuannya tak lain sebagai sarana edukasi akan pentingnya menjaga kebersihan sungai di Jakarta. 

Ketua Yayasan Khatulistiwa Respons Tim, Agung Setiawan mengatakan kepada ANTARA bahwa kegiatan ini merupakan sisi positif pemanfaatan potensi sungai yang ada di Jakarta. Ia mengharapkan dengan adanya kegiatan ini, Pemerintah bisa menjadikan bantaran Sungai Ciliwung tersebut sebagai destinasi wisata dan transportasi air. 

 

Sumber: https://www.antaranews.com/video/3626244/edukasi-kebersihan-sungai-masyarakat-diajak-susuri-sungai-ciliwung dan https://www.merdeka.com/jakarta/walhi-pencemaran-sungai-di-jakarta-berada-pada-fase-sedang-dan-berat.html

Foto: https://www.antaranews.com/foto/3626112/aksi-bersih-bersih-aliran-sungai-ciliwung 

 

 

 

2

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-812-8080-4561