Berqurban di Human Initiative, Bangkitkan Semangat Peternak Lokal 

15 Mei 2023
Berqurban di Human Initiative, Bangkitkan Semangat Peternak Lokal 

Tidak terasa kita sudah berasa di antara dua hari raya, yaitu Idulfitri dan Iduladha. Jika diingat, lebih kurangnya satu bulan lagi Iduladha akan kita sambut dengan hati gembira. Begitu juga dengan para peternak lokal. Semangatnya menjadi berkali lipat karena hewan ternaknya akan laku terjual sebab dukungan Sahabat Inisiator yang membeli melalui berqurban di Human Initiative. 

Tahun 2022 lalu, Human Initiative melalui program Insya Allah Qurban telah menyebarkan 8.473 hewan Qurban kepada 257.175 penerima manfaat. Kebaikan ini menjangkau hingga tiga Negara dan 21 Provinsi yang melibatkan lebih dari 1.200 relawan.

Dari banyaknya sebaran hewan qurban ini, ada peternak-peternak lokal yang turut berbahagia di Iduladha. Human Initiative berkesempatan berbincang dengan salah satu peternal lokal di Desa Neglasari, Bogor, Jawa Barat. Ia mengaku, menjadi Peternak Domba adalah salah satu jalan membuat hidupnya lebih berdaya.

 

Kisah Inspiratif Peternak Domba 

Pak Entong (51), seorang Peternak Domba ini telah beternak Domba sejak tahun 2016. Banyak kisah jatuh-bangunnya menjadi Peternak Domba, namun bantuan 5 domba dari Human Initiative membuatnya hidup berdaya. 

“Alhamdulillah saya bisa beli motor cash untuk keluarga, gak kredit. Namanya sudah tua, takutnya saya meninggal dunia dan nanti meninggalkan utang,” ceritanya. 

Domba dari Human Initiative ini, Pak Entong rawat dengan baik hingga beranak pinak dan berhasil menggaet pembeli maupun pequrban. Hasil penjualan inilah yang Pak Entong kumpulkan untuk membiayai hidup keluarga, menyekolahkan anak, hingga bisa membeli motor untuk kebutuhan keluarganya. 

Hasil beternaknya ini juga ia manfaatkan untuk beribadah, yaitu berqurban dari ternak yang ia rawat sendiri dengan sepenuh hati. “Saya punya domba, jadinya saya berqurban. Ini bekal untuk saya di akhirat,” pungkas Pak Entong. 

Menjadi Peternak Domba seperti Pak Entong adalah istimewa. Merawat hewan Qurbannya sendiri, hingga merelakannya di tengah himpitan ekonomi demi ketaqwaan kepada Allah ﷻ. 

“Tujuan kami memang bukan hanya menyebarkan qurban hingga ke pelosok negeri, tetapi juga berpartisipasi dalam mendukung pemberdayaan ekonomi peternak lokal dengan mengambil pasokan hewan dari para peternak di pelosok langsung.” tutur Miftahul Surur, ketua squad qurban Human Initiative  

Sahabat Inisiator, yuk bahagiakan peternak-peternak lokal seperti Pak Entong dengan memilih qurbanmu lebih awal di Human Initiative melalui solusipeduli.org.  

 

0

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-812-8080-4561