Bangunan Roboh, Gempa M 6,2 Kembali Guncang Majene Sulbar

Bangunan Roboh, Gempa M 6,2 Kembali Guncang Majene Sulbar

15 Januari 2021

Tepat dini hari tadi (15/1), pukul 1.28 WIB atau 2.28 WITA, kita mendengar kabar gempa dari Majene, Sulawesi Barat. Menurut data BMKG gempa bumi ini memiliki magnitudo 6,2. Episenter gempa terletak pada koordinat 2,98 LS dan 118,94 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 6 km arah Timur Laut Majene, Sulawesi Barat pada kedalaman 10 km.

Foto : Tim Rescue Human Initiative melakukan persiapan aksi gempa Sulbar

Sejumlah bangunan bertingkat di kota Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, roboh akibat gempa. Getaran nya pun terasa hingga Mamuju, Makassar hingga Palu. Hingga kini, belum diketahui pasti berapa banyak bangunan yang roboh dan rusak akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,2. Jumlah terdampak pun masih belum diketahui.

Foto : Liputan6.com/istimewa - Abdul Rajab Umar

Merujuk data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di darat. Tepatnya 6 kilometer Timur Laut Majene.

Gempa tersebut merupakan ke sekian kalinya terjadi di sekitar wilayah Sulawesi Barat. Sebelumnya, pada Kamis siang (14/1), terjadi gempa beberapa kali. BMKG mencatat gempa berkekuatan magnitudo 5,9 sempat terjadi beberapa kali dan terasa hingga Makassar dan Palu. Namun, tidak berpotensi tsunami.

Foto : Bangunan roboh akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,2

Oleh karena itu, masyarakat diminta agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Upayakan untuk selalu memeriksakan dan memastikan bangunan tempat tinggal yang cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum masyarakat kembali kedalam rumah.

Sesuai deskripsi BMKG, gempa pada skala IV MMI menunjukkan pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela dan pintu berderik serta dinding berbunyi.

Sementara Skala III MMI menunjukkan adanya getaran dirasakan nyata di dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk yang tengah berlalu, sedangkan II MMI menunjukkan adanya getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Saat ini, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tengah melakukan koordinasi dengan beberapa BPBD untuk memonitor kondisi usai terjadinya gempa kuat tersebut.

Foto : para relawan sedang berdo'a menuju lokasi bencana

Mari sejenak kita berdoa untuk keselamatan para Penyintas yang masih menunggu untuk dievakuasi agar Allah swt senantiasa melindungnya, dan seluruh warga Sulbar diberikan kelapangan hati agar tetap sabar dalam menghadapi bencana ini.

Sahabat Inisiator juga bisa bergabung bersama Kami untuk mendukung Mereka dengan mengirimkan donasi terbaik untuk memenuhi kebutuhan mendesak para Penyintas Sulbar di solusipeduli.org

 

Sumber Data :
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-811-9342-667