Human Initiative Lakukan Edukasi Kesiapsiagaan Bencana di Global Islamic School 

14 Juli 2023
Human Initiative Lakukan Edukasi Kesiapsiagaan Bencana di Global Islamic School 

Jakarta – Peristiwa bencana alam dan bencana non alam kerap berdampak pada fungsi satuan pendidikan. Maka, Human Initiative yang memiliki pilar program Initiative for Disaster Management berkolaborasi menggalakkan kesiapsiagaan bencana bersama BNPB, BPBD, PMI, dan Damkar di tahun ajaran baru kepada warga satuan pendidikan Global Islamic School (GIS), Condet, Jakarta Timur. 

Human Initiative berkolaborasi dengan (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) BNPB, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Palang Merah Indonesia (PMI), dan (Pemadam Kebakaran) Damkar untuk mengedukasi kesiapsiagaan bencana di Global Islamic School (GIS), Condet, Jakarta Timur. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari pada 10 dan 11 Juli 2023 bagi anggota perangkat sekolah di TK, SD, dan SMA GIS. 

Kegiatan kesiapsiagaan bencana yang Human Initiative lakukan di GIS ini merupakan upaya integrasi ke dalam kegiatan belajar mengajar. Adapun alasannya karena edukasi kesiapsiagaan bencana masuk pada pilar ketiga dalam peta jalan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB). Lingkup kegiatan ini meliputi seluruh satuan pendidikan di Indonesia. 

Selain itu, Human Initiative juga mengacu pada kerangka global Comprehensive School Safety (CSS). Kerangka ini terdiri dari fasilitas aman bencana, manajemen satuan pendidikan aman bencana, serta pendidikan pencegahan dan pengurangan risiko bencana. 

“Tujuan ini dari pelaksanaan program SPAB ini tidak lain untuk melindungi warga satuan pendidikan dari dampak buruk bencana. Termasuk di dalamnya memastikan keberlangsungan layanan pendidikan dalam situasi darurat dan memulihkan kembali fungsi satuan pendidikan pascabencana,” ungkap Deni Kurniawan, Leader Squad Disaster Risk Management Human Initiative. 

Penerapan program SPAB ini harapannya mampu mencapai sasaran yang lebih luas dan dapat memperkenalkan lebih dini kepada seluruh peserta didik. Sehingga, edukasi ini kelak meningkatkan ketahanan peserta didik, tenaga kependidikan, serta warga satuan pendidikan lainnya. Dampak baiknya, semua perangkat ini mampu berkontribusi terhadap kesiapsiagaan individu maupun masyarakat terhadap bencana. 

1

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-812-8080-4561