Human Initiative UK: Ride for Indonesia untuk Masyarakat Terdampak Pandemi

Human Initiative UK: Ride for Indonesia untuk Masyarakat Terdampak Pandemi

15 September 2021

Kegiatan galang dana untuk korban terdampak pandemi Covid-19 dilakukan oleh Warga Negara Indonesia di Inggris dengan cara bersepeda dari London ke penjuru kota. Sebelumnya, hal ini pernah dilakukan dalam acara bertajuk  “Ride for Indonesia” dengan rute London-Brighton, kali ini dengan mengusung konsep yang sama mereka kembali bersepeda dengan menempuh rute London-Cambridge tepatnya pada Sabtu, 11 September 2021.

Rombongan pesepeda asal Indonesia ini menempuh jarak kurang lebih 100 km dengan meeting point di Regent’s Park dan berakhir di taman kota Cambridge. Terdapat 5 etape yang mereka lalui mulai dari Istana Buckingham sampai dengan Tower Bridge, London.

Eastman sebagai salah satu founder “Ride for Indonesia” menjelaskan bahwa pandemi Covid-19 yang memberikan dampak di seluruh dunia, salah satunya Indonesia, belum berakhir. Eastman menyatakan kehadiran Ride for Indonesia ini merupakan salah satu wujud solidaritas yang bisa diberikan olehnya. 

“Kami ingin turut memberikan kontribusi untuk saudara-saudara kami di Indonesia yang terdampak oleh pandemi Covid-19. Melalui kegiatan bersepeda mingguan, kami ingin memperkenalkan Indonesia serta memberikan manfaat yang lebih luas lagi, yaitu menjadikan kegiatan ini sebagai event penggalangan dana untuk membantu mereka yang terdampak oleh pandemi Covid-19 di Indonesia,” ujar Eastman dalam rilis Human Aid Initiative (HAI). 

Syaifuddin, sebagai salah satu WNI peserta “Ride for Indonesia” menyatakan rasa syukurnya karena bisa mengikuti kegiatan yang bermanfaat ini. “Saya senang sekali karena kegiatan bersepeda yang kami lakukan secara rutin bisa menjadi medium penggalangan dana,” kata Syaifuddin. 

Ada pula Shandy yang awalnya merasa tidak bisa merampungkan etape pertama London-Cambridge karena merasa dirinya bukan pesepeda jarak jauh. “Ternyata menyenangkan. Padahal saya mengira ini adalah sebuah hal yang sulit menjalani etape pertama dan berakhir di Gants Hill di London Timur, apalagi jaraknya berkisar 26 kilometer. Namun, ternyata saya mampu melakukannya. Cukup menantang memang, tapi sangat menyenangkan,” ujar Shandy. 

Hendra, yang juga berhasil merampungkan etape ikut berkata,”Setelah sekian lama, ini menjadi yang pertama kalinya bagi saya bersepeda dengan jarak tempuh yang cukup panjang. Karena kegiatan ini memiliki misi kemanusiaan yang baik, saya ikut merasa termotivasi untuk bisa turut berkontribusi dengan jarak yang lebih jauh di masa mendatang. 

Sebagai informasi, kegiatan Ride for Indonesia diawali dengan rute London-Brighton pada 28 Agustus 2021. Pada saat itu, terdapat 12 pesepeda yang ikut ambil bagian dengan menyusuri rute sejauh 76 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam 30 menit. 

Ke depannya, Ride for Indonesia sudah membuat rencana untuk bersepeda lagi di rute-rute lainnya, seperti London-Bristol, London-Oxford, bahkan tidak menutup kemungkinan juga London ke kota-kota di Eropa, seperti Amsterdam atau Paris. Ride for Indonesia bekerja sama dengan Human Aid Initiative (HAI) menggunakan platform donasi crowdfunding di Indonesia dan Inggris. 

Human Aid Initiative (HAI) merupakan organisasi amal yang didirikan oleh komunitas asal Indonesia di Inggris yang sudah secara resmi terdaftar di Charity Commission. Human Aid Initiative (HAI) selalu aktif untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan dan sosial ke seluruh Indonesia juga beberapa negara di belahan dunia lainnya. Khusus pada program donasi dari Ride for Indonesia disalurkan melalui program Food Aid, yaitu pemberikan paket makanan pokok bagi masyarakat yang paling terdampak oleh pandemi Covid-19 di Indonesia. 

Nurani Susilo, selaku Direktur HAI, menyatakan bahwa pihaknya sangat menyambut itikat baik dari WNI di London dengan melakukan penggalangan dana melalui event bersepeda. Nurani berkata,“Kami harap, kegiatan yang dilakukan oleh ‘Ride for Indonesia’ dapat menginspirasi warga Indonesia yang ada di kota-kota lainnya untuk menggelar kegiatan serupa.” 

Nah, bagi Sahabat Inisiator yang mau ikut berpartisipasi dalam event ini bisa banget kok. Kamu cukup kunjungi situs untuk berdonasi di solusipeduli.org/campaign/ride-for-indonesia/ atau justgiving.com/humanaidinitiative dan bisa juga di humanaidinitiative.org/ride-for-Indonesia. So, kami tunggu sumbangsih berarti dari Sahabat Inisiator ya.

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-811-9342-667