Implementasi ‘Ramadan untuk Semua’, Human Initiative Menjejakkan Kebaikan Hingga Pelosok Bogor

27 Maret 2023
Implementasi ‘Ramadan untuk Semua’, Human Initiative Menjejakkan Kebaikan Hingga Pelosok Bogor

Bogor, Jawa Barat – Program tematik ‘Ramadan untuk Semua’ dari Human Initiative mengimplementasikan program Berbagi Bingkisan dan Berbagi THR hingga pelosok Bogor, Jawa Barat (25/3). Human Initiative menjejakkan kebaikan di dua lokasi, yaitu di Kampung Cigewor dan SD Dharma Ibu di Cilendek Barat. 

Dua implementasi kebaikan dari Sahabat Inisiator ini merupakan rangkaian dari tematik program ‘Ramadan untuk Semua’ Human Initiative. Dari keempat program turunannya, Berbagi Bingkisan dan Berbagi THR menjadi pilihan untuk 50 penerima manfaat di masing-masing lokasi. 

“Untuk Berbagi Bingkisan yang berisi paket sembako, kami salurkan untuk 50 penerima manfaat di Kampung Cigewor. Sedangkan untuk Berbagi THR kami pilih untuk 50 anak-anak di SD Dharma Ibu di Cilendek Barat,” ujar Mukhoer Abdus Syukur, Ketua Squad Ramadan Human Initiative. 

Dari kedua lokasi ini, jarak dan suasananya sangatlah berbeda. Di Kampung Cigewor yang berjarak lebih dari 36 km dari pusat kota Bogor masih bernuansa pedesaan. Sepanjang perjalanan, terhampar luas persawahan dan Gunung Munara. Sedangkan SD Dharma Ibu di Cilendek masih dekat dengan pusat kota Bogor.  

 

Kebaikan Pertama di Ramadan Tahun Ini 

Terhitung pada Ramadan hari ketiga saat itu, Human Initiative menjadi organisasi kemanusiaan yang pertama hadir di tengah-tengah para penerima manfaat. Di Kampung Cigewor, program Berbagi Bingkisan ini menghadirkan antusias penerima manfaat. 

“Rerata warga di sini masuk golongan menengah ke bawah. Mereka sudah menunggu sebelum kegiatannya dimulai, dan sangat bersyukur sekali kebaikan Human Initiative hadir di kampung mereka,” ujar Imron Rosyadi, pemilik Yayasan Ashabul Kahfi Madani di Kampung Cigewor. 

Uniknya, 50 Penerima Manfaat di Kampung Cigewor semuanya terdiri dari para Ibu. Imron mengungkapkan bahwa para suami di waktu siang masih bekerja bertani padi, berkebun, dan membelah batu di kawasan Gunung Munara. 

Sama dengan Kampung Cigewor, kebaikan Sahabat Inisiator melalui Human Initiative juga menjadi yang pertama di SD Dharma Ibu pada Ramadan 1444 H. Nursyidah Ariawati sebagai Kepala Sekolah berharap ini menjadi pembuka rezeki bagi anak-anak. 

Pemberdayaan, Harapan untuk Kebaikan Selanjutnya 

Ada cita-cita mulia, saat relawan Human Initiative bertanya tentang harapannya setelah mendapatkan kebaikan Berbagi Bingkisan dan Berbagi THR. Imron Rosyadi mengatakan program pemberdayaan di lingkungannya akan membawa kebaikan jangka panjang bagi warga. 

“Semoga ada bantuan lagi di Ramadan tahun depan. Namun kami juga terbuka untuk program pemberdayaan untuk budidaya ikan, pertanian, dan peternakan kambing,” ujarnya. 

Begitu juga dengan SD Dharma Ibu, Kepala Sekolah mengharapkan program kebaikan bisa berlanjut untuk pendidikan anak-anak didiknya. Kebaikan ini, menurutnya, bisa memotivasi anak-anak untuk menjadi seperti relawan-relawan Human Initiative. 

“Harapannya ke depan ada program khusus untuk pendidikan, terutama operasional sekolah dan kesejahteraan para Guru,” ungkap Kepala Sekolah.  

0

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-812-8080-4561