Lala & Dela, Kakak Beradik Inspiratif yang Menjadi Volunteer di HOME Children Learning Center

Lala & Dela, Kakak Beradik Inspiratif yang Menjadi Volunteer di HOME Children Learning Center

1 November 2021

Bermain, belajar, dan memahami anak-anak, itulah sekiranya yang dilakukan Lala dan Dela, kakak beradik yang kini menghabiskan sebagian besar waktunya menemani anak-anak tumbuh dan belajar di HOME Children Learning Center, Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

Lala bergabung menjadi bagian dari HOME sejak awal HOME Cimanggis berdiri. Ia yang sedari dulu bercita-cita menjadi guru dan menyukai anak-anak, kini mendapatkan amanah untuk menjadi pengelola dari tempat singgah anak-anak kecil di sekitar kawasan Cisalak, Cimanggis ini. Sedangkan adiknya, Delaila P. Ramadhani (Dela) berkesempatan menjadi guru bahasa Inggris di sini.

Volunteer Pengajar HOME

HOME CLC sendiri merupakan salah satu program Human Initiative, di mana tempat bernaung bagi anak-anak di sekitar Kawasan Cisalak yang orangtuanya pergi bekerja untuk menghabiskan waktu mereka. HOME berusaha menjadi tempat bercerita, belajar, dan bermain yang nyaman supaya mereka bisa menjadikan HOME sebagai rumah kedua mereka.

Tidak hanya belajar pelajaran akademik, di sana anak-anak juga belajar mengenai personal development serta berbagai praktek kreativitas seperti menggambar, mewarnai, dan menari saman.

Terdapat juga penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Kegiatan tersebut menjelaskan antara lain cara mencuci tangan yang baik dan benar, edukasi tentang COVID-19, dan kebersihan gigi dan mulut. Program ini kadang merupakan program kerja sama dengan mahasiswa farmasi, dosen, atau volunteer HIVE yang terlaksana setiap 2 bulan sekali.

Ada juga loh kampanye anti-bullying yang untuk anak kelas 5, 6, SMP dan SMA. Pada kesempatan itu, mereka mendapat penjelasan mengenai apa itu bullying dan dampak dari bullying. Mereka juga berkesempatan menulis keresahan yang mereka alami serta hal yang mereka suka atau tidak suka di sebuah notes.

Tidak hanya untuk para murid, HOME CLC juga mengadakan seminar parenting online bagi para orang tua murid. Terkadang, pihak internal HI sendiri yang mengisi materi parenting atau para praktisi, sesuai dengan pembahasan isu terkait.

 

Perkembangan Siswa HOME CLC

Aldila Gayatri (Lala) yang sudah satu tahun mengajar di HOME juga terharu melihat perkembangan personality anak-anak. “Dulu mereka harus diingatkan untuk selalu mencuci tangan. Sekarang mereka secara refleks saling mengingatkan satu sama lain untuk cuci tangan dan menjaga kebersihan,” ujar Lala sambil tersenyum. Selain itu, kebiasaan berdo’a serta meminta izin melakukan sesuatu juga perlahan tertanam di diri mereka.

Adik adik pelajar HOME

Hingga saat ini jumlah peserta didik yang terdaftar di HOME mencapai 115 anak dengan 2 pengajar tetap dan 23 orang volunteer. Dengan 115 anak dan pengajar itu kemudian jadwalnya terbagi setiap hari Senin sampai Sabtu sesuai dengan tingkatan kelasnya supaya tidak terdapat penumpukan jumlah orang di HOME CLC. Pada hari Senin sampai Jumat, jadwal pelajaran regular berlangsung dari pukul 12.30 – 17.00 WIB, sedangkan pada hari Sabtu pukul 09.30 mereka sudah memulai pembelajaran.

Walaupun baru mulai pukul 12.30, anak-anak bebas untuk datang dan mengunjungi HOME dari pukul 09.00 WIB. Mereka biasanya menanyakan materi di sekolah yang tidak mereka mengerti. Terkadang juga meminjam gadget HOME untuk belajar online, atau menjadikan HOME sebagai lokasi belajar online yang nyaman.

Kalian bisa loh berbagung dengan Lala dan Dela dengan ikut menjadi volunteer pengajar di HOME Cimanggis, dengan cara mengunjungi website HIVE.

Sampai Bertemu di HOME Sahabat Inisiator.

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-812-8080-4561