Lingkungan Masjid yang Bertahun-tahun Kesulitan Air Bersih 

7 April 2023
Lingkungan Masjid yang Bertahun-tahun Kesulitan Air Bersih 

Sahabat Inisiator, percayakah bahwa kebaikan akan menemukan tempat terbaiknya? Inilah yang Human Initiative dan Wakaf Salman temukan di lingkungan Masjid yang bertahun-tahun kesulitan air bersih. Tepatnya di wilayah Masjid Uswatun Hasanah, Kelurahan Babakan, Kecamatan Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat. 

Kala itu, wilayah padat penduduk di sekitar Masjid Uswatun Hasanah mengalami kesulitan air bersih. Bahkan Agus Kurnia seorang Ketua RW setempat mengatakan, sebelumnya sempat terlaksana pengeboran di tempat lain. Sayangnya, upaya ini gagal di beberapa titik sehingga penduduk tetap kesulitan air bersih. 

Meskipun berada di pusat Kota Bandung, tidak ada sumber air bersih selama bertahun-tahun. Dari kendala ini, masyarakat mau tidak mau membeli air bersih Rp12.000 untuk memenuhi kebutuhan hariannya.  

 

Teladan Utsman bin Affan Sampai di Tanah Pasundan 

Pada 28 Februari 2023, wilayah ini akhirnya resmi mendapatkan sumber air bersih. Human Initiative bersama Wakaf Salman melabuhkan kolaborasi kebaikan melalui program sistem air bersih yang telah memberi manfaat bagi 100 KK.  

Program sistem air bersih ini dilakukan dengan pendekatan pemberdayaan masyarakat melalui pengeboran sumur sedalam 100 meter. Selain itu, terdapat fasilitas penunjang seperti pembangunan bak penampungan air, pembangunan panel listrik, dan sistem pipanisasi hingga ke rumah warga. 

“Kami berharap bahwa pengadaan air ini bukan yang terakhir, dan semoga ada kerja sama lain di masa yang akan datang,” tutur Ustadz Nasrullah, Ketua DKM Masjid Uswatun Hasanah, yang mengawali dengan rasa syukur dan ucapan terima kasih dalam sambutannya. 

Lebih lanjut, ternyata Wakaf Salman terinspirasi dari teladan Utsman bin Affan, Sahabat Rasulullah . Zaman itu, Utsman bin Affan memberikan solusi air bersih bagi masyarakat yang alami kekeringan parah dengan mewakafkan sebuah sumur. 

“Harapannya, semoga masyarakat wilayah Masjid Uswatun Hasanah ini mampu memelihara fasilitas air bersih ini dengan baik. Ini agar bisa dipergunakan jangka panjang dan hasilnya bisa disedekahkan manfaatnya untuk kebutuhan lainnya,” ujar Ryan Faisal, Program Manager Wakaf Salman, berpesan.    

 

Penuh Syukur dan Suka Cita 

Terlaksananya program ini merupakan dukungan dari berbagai pihak. Begitu juga dengan rasa antusias masyarakat dengan mengucap syukur tiada henti, sambutan yang baik, serta hati yang penuh suka cita dari masyarakat setempat.  

Fatih Abdul Aziez, Kepala Cabang Human Initiative Jawa Barat menyampaikan bahwa yang paling utama dari peresmian ini bukanlah seremonialnya melainkan rasa syukur atas nikmat dari Allah ﷻ. Ia mengatakan bahwa kolaborasi program antara Wakaf Salman dan Human inititiative ini atas izin Allah dan doa dari masyarakat. 

“Saya berharap program ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kebutuhan rumah tangga dan ibadah. Semoga selalu ada nilai kebaikan yang bisa diambil dari program ini,” pungkas Fatih dalam sambutannya di hadapan masyarakat. 

 

Sahabat Inisiator, percayalah bahwa kebaikan akan menemukan tempat berlabuhnya. Mari gerakkan, luaskan, dan keluarkan kebaikan sumber mata air di pelosok-pelosok Indonesia. Pilih kebaikanmu bersama Human Initiative melalui solusipeduli.org, semoga kebaikan ini menjadi manfaat tanpa batas bagi semua. 

 

Reporter: Rofik Nursahid – Human Initiative Jawa Barat  

  

  

 

 

 

 

 

 

0

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-812-8080-4561