Menembus Banjir Rob, Human Initiative Salurkan 110 Paket Sembako dan Ifthar di Demak 

6 April 2023
Menembus Banjir Rob, Human Initiative Salurkan 110 Paket Sembako dan Ifthar di Demak 

Demak, Jawa Tengah – Human Initiative menyalurkan 110 paket kebaikan Ramadan di  wilayah terluar Desa Sriwulan, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah (31/3). Menembus banjir rob di permukiman RW 08, Human Initiative membawa 110 paket kebaikan Ramadan yang terdiri dari 80 paket Berbagi Ifthar dan 30 paket Berbagi Bingkisan.

M. Subhanudin Nasrulloh selaku Kepala Bidang Program Human Initiative Jawa Tengah mengatakan bahwa beberapa titik laut di wilayah tersebut semula merupakan permukiman penduduk dan persawahan. Akan tetapi saat ini berubah menjadi lautan karena abrasi menggerus daratan.

“Di sini selalu ada peninggian jalan setiap tiga tahun sekali. Dampaknya bisa kita lihat, rumah-rumah jadi lebih rendah dari jalan,” ujar Subhanudin. 

Ternyata, wilayah yang hanya tersisa 65 persen rumah itu terdampak banjir rob tidak musiman. Warga bercerita, bahwa banjir rob setinggi satu meter setiap hari terjadi pada jam 16.00 hingga jam 20.00. 

“Akses jalannya tergenang air rob, sulit diakses kendaraan bermotor. Warga biasanya harus menunggu rob surut atau berjalan kaki di genangan air laut,” pungkasnya. 

Bukan kali pertama Human Initiative Jawa Tengah menyambangi warga di wilayah terluar Desa Sriwulan. Sebelum Ramadan tahun 2023 ini, Human Initiative Jawa Tengah juga telah melaksanakan program kemanusiaan di lokasi yang sama. 

Telah mengetahui kondisi masyarakat di wilayah yang berbatasan dengan laut tersebut, Human Initiative Jawa Tengah datang kembali bersama program ‘Ramadan untuk Semua’. Menyusuri akses jalan satu-satunya yang terendam air rob, Human Initiative membawa amanah Sahabat Inisiator menggunakan gerobak kayu hingga ke rumah-rumah warga. 

Sahabat Inisiator, Ramadan masih menunggumu untuk melakukan banyak kebaikan. Yuk, terus bersemangat mencetak amalan baik dan bahagiakan Saudara-saudara di wilayah 3T (Terluar, Terdepan, Tertinggal) bersama Human Initiative melalui solusipeduli.org. 

Reporter: Khoyrul Listantining – Human Initiative Jawa Tengah 

0

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-812-8080-4561