Rumah senyum, Hunian Sementara yang Aman, Nyaman dan Bermartabat.

Rumah senyum, Hunian Sementara yang Aman, Nyaman dan Bermartabat.

9 Februari 2021

Majene – Apa sih yang ada di pikiranmu saat mendengar atau melihat suatu kejadian bencana alam? sudah barang tentu kita sebagai manusia yang memiliki jiwa sosial akan turut prihatin dan berusaha membantu semampu kita.  Namun  terkadang, kita terhalang dengan jauhnya jarak serta kesibukan kita sehari-hari yang membuat kita tidak bisa datang dan membantu warga terdampak langsung dengan tangan kita sendiri. Lalu bagaimana ya keadaan para penyitas bencana saat ini? Kita flashback sedikit yuk melihat kondisi pasca bencana alam yang menghabiskan sebagian  sebar rumah roboh akibat gempa di Sulawesi Barat. Jumat, (05/02/2021)

Seperti kita tahu gempa bumi yang melanda Mamuju, Majene, dan sekitarnya telah meluluhlantakkan perekonomian Sulawesi Barat. Hampir seluruh bangunan rumah dan gedung dalam kondisi rusak berat. Kini bangunan rata dengan tanah, sisa-sisa bangunan yang dianggap tidak layak ditempati tersebut bahkan dirobohkan oleh warga karena berisiko akan runtuh apabila diguncang gempa kembali. Alhasil, banyak warga memilih tinggal dan hidup di tenda pengungsian untuk meminimalisasi risiko. Setiap hari mereka memilah dan menyelamatkan beberapa sisa bangunan yang dianggap masih bisa dipakai.

Untuk meningkatkan rasa kenyamanan warga selama tinggal di tenda pengungsian, Human Initiative menghadirkan Rumah Senyum bagi para penyintas bencana gempa bumi Sul-Bar.  Hunian sementara ini merupakan salah satu solusi Rumah Sementara untuk mengatasi masalah tempat tinggal bagi warga yang terkena bencana.

Foto : Tim  human initative sedang membangun Rumah Senyum bagi para Penyitas.

Pembangunan Rumah Senyum ini dilakukan oleh para relawan Human initiative. Setiap hari mereka menyurvei rumah warga yang akan dibangun, membantu membersihkan sisa-sisa puing reruntuhan dan mensosialisasikan program tersebut ke warga.

Kira-Kira Seperti Apa Sih Spesifikasi Rumah Senyum itu?

Rumah senyum ini berbahan terpal dengan menggunakan rangka kayu sebagai penopangnya. Hunian ini mampu menampung 1 Keluarga yang terdiri dari 5 anggota, berukuran 3,5 x 6 x 1,75 meter menyesuaikan dengan banyaknya anggota yang menempati. Tak hanya itu, Rumah ini memiliki daya tahan selama 3 sampai 6 bulan sebagai hunian sementara yang nyaman, aman dan bermartabat bagi para penyitas.

Detail Ruangan yang ada di Rumah Senyum

Rumah Senyum ini di design layaknya seperti rumah pada umumnya. Sehingga para penyitas akan sangat nyaman dan memiliki ruang serta privasi sendiri di hunian nya masing-masing. Adapun beberapa ruangan yang tersedia adalah teras depan, pintu, jendela sebagai penerang alami dan ventilasi, ruang tengah tempat berkumpul dengan keluarga juga ada satu ruang tidur yang bisa di gunakan untuk beristirahat.

Foto : Relawan Human initiative sedang melakukan diskusi dengan salah satu penerima manfaat.

Dimana Saja Rumah Senyum Akan hadir?

Sahabat Inisiator, rencananya Rumah Senyum ini akan dibangun di 4 lokasi terdampak bencana di Sulawesi Barat. Melihat kondisi yang cukup parah dan berbagai pertimbangan di lapangan akhirnya Human initiative memprioritaskan beberapa wilayah seperti di Desa lombong, Botteng Utara, Kayu Angin, dan Bambangan dengan total penerima manfaat sebanyak 500 Kartu Keluarga (KK). Fantastis bukan jumlah para penyitas yang terdampak? Tentu perlu banyak dukungan dari Sahabat Inisiator semua untuk mewujudkan semua ini.

Kenapa sih Rumah Senyum ini Menjadi Rekomendasi Hunian Sementara Para Penyitas?

Melihat kebutuhan mendesak mereka, hunian yang layak dan nyaman ini menjadi alasan bahwa Rumah Senyum ini sangat dibutuhkan dalam waktu dekat. Selain itu banyak keunggulan yang diberikan serta menjadi hunian sementara yang bermartabat bagi para penyitas di Sulawesi Barat. Rumah Senyum ini mudah di kerjakan, dalam sehari relawan mampu membuat 2 unit Rumah Senyum. Dari sisi kenyamanan pun sangat baik, rumah ini tahan terhadap hujan dan terik sinar matahari, mudah di angkut juga di pindahkan, sertta yang terpenting meminimalisir penyebaran Covid-19 di lokasi bencana dengan memecah kerumunan di tenda pengungsian.

Foto : Kondisi rumah senyum yang dibangun di sekitar pengungsian.

Sahabat Inisiator, sepatutnya bagi mereka yang kehilangan tempat tinggal atau yang tidak memungkinkan tinggal di rumahnya, perlu dicarikan solusi untuk diberikan tempat tinggal sementara yang layak. Dengan berbagai kondisi yang ada, warga terdampak harus tetap sehat dan merasa nyaman ada di Pengungsian. Rumah senyum ini adalah salah satu ikhtiar kita dalam memberikan pelayanan yang baik bagi para pengungsi yang terdampak bencana.

Alhamdulillah, berkat doa dan dukunganmu, kini perlahan relawan Human Initiative sedang siapkan Rumah Senyum untuk mereka yang kehilangan tempat tinggalnya. Satu per satu rumah dibangun untuk tempat tinggal mereka sementara sehingga tak perlu lagi tidur di tenda pengungsian yang masih jauh dari rasa nyaman.

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-811-9342-667