"> "> "> Virus Corona (COVID-19): Apa Yang Perlu Kita Ketahui dan Lakukan? - Human Initiative
Virus Corona (COVID-19): Apa Yang Perlu Kita Ketahui dan Lakukan?

Virus Corona (COVID-19): Apa Yang Perlu Kita Ketahui dan Lakukan?

9 Maret 2020

Apa sebetulnya virus corona itu?

Virus Corona (CoV) adalah keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti Sindrom Pernafasan Timur Tengah (MERS-CoV) dan Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS-CoV). Virus Corona (nCoV) ini adalah jenis baru yang belum diidentifikasi sebelumnya pada manusia.

Virus corona adalah zoonosis, artinya ditularkan antara hewan dan manusia. Investigasi terperinci menemukan bahwa SARS-CoV ditularkan dari kucing luwak ke manusia dan MERS-CoV dari unta dromedaris ke manusia. Beberapa virus corona yang dikenal juga turut beredar pada hewan dan belum menginfeksi manusia.

 

Lalu, bagaimana ciri manusia yang terinfeksi virus corona?

Tanda-tanda umum infeksi termasuk gejala pernapasan, demam, batuk, sesak napas dan kesulitan bernafas. Pada kasus yang lebih parah, infeksi dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal, dan bahkan kematian.

Lantas bagaimana cara pencegahan agar tidak terinfeksi virus corona?

  1. Cuci tangan Anda sesering mungkin

Secara teratur dan menyeluruh bersihkan tangan Anda dengan alkohol atau cuci dengan sabun dan air.

Mengapa? Mencuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan gosok tangan berbasis alkohol mampu membunuh virus yang mungkin ada di tangan Anda.

  1. Pertahankan jarak sosial

Pertahankan jarak setidaknya 1 meter (3 kaki) antara Anda dan siapa saja yang batuk atau bersin.

Mengapa? Ketika seseorang batuk atau bersin, mereka menyemprotkan tetesan cairan kecil dari hidung atau mulut mereka yang mungkin mengandung virus. Jika Anda terlalu dekat, Anda bisa menghirup tetesan air, termasuk virus COVID-19 jika orang tersebut terinfeksi virus.

  1. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut

Mengapa? Tangan menyentuh banyak hal di sekitar kita dan dapat membawa virus. Setelah terkontaminasi, tangan dapat memindahkan virus ke mata, hidung, atau mulut Anda. Dari sana, virus bisa masuk ke tubuh Anda dan bisa membuat Anda sakit.

  1. Batuk dan bersin dengan cara yang benar

Pastikan Anda, dan orang-orang di sekitar Anda, mengetahui tata cara untuk menjaga kebersihan dengan baik. Ini berarti menutupi mulut dan hidung Anda dengan siku yang tertekuk atau dengan tisu saat Anda batuk atau bersin. Kemudian segera buang tisu bekas tersebut ke tempat sampah.

Mengapa? Tetesan menyebarkan virus. Dengan mengikuti kebersihan pernafasan yang baik Anda melindungi orang-orang di sekitar Anda dari virus seperti flu, flu dan COVID-19.

  1. Jika Anda mengalami demam, batuk, dan sulit bernapas, segera cari perawatan medis

Tetap di rumah jika Anda merasa tidak sehat. Jika Anda mengalami demam, batuk, dan kesulitan bernapas, cari bantuan medis dan hubungi terlebih dahulu. Ikuti arahan otoritas kesehatan setempat Anda.

Mengapa? Otoritas nasional dan lokal akan memiliki informasi terbaru tentang situasi di daerah Anda. Menelepon terlebih dahulu akan memungkinkan penyedia layanan kesehatan Anda dengan cepat mengarahkan Anda ke fasilitas kesehatan yang tepat. Ini juga akan melindungi Anda dan membantu mencegah penyebaran virus dan infeksi lainnya.

  1. Tetap terinformasi dan ikuti saran yang diberikan oleh penyedia layanan kesehatan Anda

Tetap terinformasi tentang perkembangan terbaru tentang COVID-19. Ikuti saran yang diberikan oleh penyedia layanan kesehatan Anda, otoritas kesehatan publik nasional dan lokal Anda tentang cara melindungi diri sendiri dan orang lain dari COVID-19.

Mengapa? Otoritas nasional dan lokal akan memiliki informasi terbaru tentang apakah COVID-19 menyebar di daerah Anda. Mereka ditempatkan paling baik untuk memberi nasihat tentang apa yang harus dilakukan orang di daerah Anda untuk melindungi diri mereka sendiri.

Kebanyakan orang yang terinfeksi mengalami gejala penyakit yang ringan dan kemudian dapat  disembuhkan, tetapi hal ini bisa lebih parah bagi orang lain. Oleh karena itu, tetap jaga kesehatan Anda dan tetap saling melindungi satu dengan yang lain ya, Sahabat Inisiator.

Ayo Dukung agar Masyarakat Indonesia tetap Sehat ! Klik Disini

Sumber:

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia

World Health Organization (WHO)

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-811-9342-667