Pola Hidup Sehat: Isi Piring Ideal

Pola Hidup Sehat: Isi Piring Ideal

14 November 2021

Penting untuk tetap menjaga kesehatan, terutama dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini. Salah satu cara untuk menjaga tubuh agar tetap sehat adalah dengan mengonsumsi gizi seimbang. Tubuh membutuhkan beragam nutrisi yang sesuai dengan porsi kebutuhannya tanpa harus ada nutrisi yang hilang di dalam tubuh.

Kebutuhan nutrisi harian harus tetap terpenuhi dengan cara senantiasa mengonsumsi asupan bergizi dan seimbang agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Beberapa kelompok makanan perlu untuk dikonsumsi secara bersamaan agar tetap mendapatkan jenis nutrisi yang berbeda setiap harinya.

 

Panduan Isi Piring Ideal sesuai dengan Pedoman Kementrian Kesehatan Republik Indonesia

Makanan Pokok: Beragam jenis karbohidrat bisa didapatkan dari berbagai makanan. Seperti nasi, disarankan untuk mengonsumsi kurang lebih 150-gram atau setara dengan 3 centong nasi. Namun, jika memilih untuk mengonsumsi kentang, disarankan dengan ukuran 300-gram atau setara dengan 3 buah kentang.

Lauk-Pauk: Setalah makanan pokok, bagian lauk-pauk juga penting untuk mendapatkan gizi seimbang yang terdiri dari protein nabati dan hewani. Ukuran yang dianjurkan untuk protein nabati dalam satu piring, kurang lebih 50-gram tempe atau 100-gram tahu. Adapun untuk protein hewani, dapat mengonsumsi 70-gram daging sapi, atau setara dengan 75-gram ikan kembung dan 80-gram daging ayam tanpa kulit.

Sayur: Sumber vitamin dan mineral yang nantinya berperan sebagai antioksidan banyak terkandung di dalam sayur. Oleh karena itu, penting untuk memasukkan beragam jenis sayur ke dalam isi piring kita. Setidaknya, konsumsi 1 mangkok atau setara dengan 150-gram sayur setiap hari.

Buah: Selain sayur, kandungan vitamin dan mineral juga terdapat di dalam buah-buahan. Ada banyak sekali manfaat buah untuk kesehatan tubuh, seperti mencegah kanker, hipertensi, kerusakan hati, dll. Panduan gizi seimbang untuk konsumsi buah-buahan antara lain 50–150-gram setiap hari.

Nutrisi Pelengkap: Selain dengan memenuhi isi piring dengan nutrisi yang tubuh butuhkan, penting juga untuk rajin minum air putih setidaknya 8 gelas dalam sehari. Konsumsi susu, minyak zaitun juga asupan pelengkap lainnya untuk mendukung fungsi tubuh dalam kondisi prima.

 

Peran Human Initiative dalam Mendorong Program Isi Piring Ideal

Bidan InspiratifBeberapa waktu lalu, Human Initiative bekerja sama dengan Kimia Farma memberikan penghargaan kepada para bidan inspiratif. Harapannya, penghargaan ini dapat memotivasi para bidan untuk terus berinovasi demi meningkatkan kesehatan masyarakat. Adapun salah satu pemenang dari program tersebut adalah Beriana dengan program “Isi Piringku untuk Ibu Hamil dengan Risiko Tinggi”.

Sahabat Inisiator, yuk kita sama-sama rutin mengonsumsi makanan bergizi tinggi sesuai dengan panduan gizi seimbang. Jaga kesehatan selalu ya.

Source: Klik Dokter

0

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-812-8080-4561