Oxygen for Indonesia, Gerakan Gotong Royong dari Indonesia untuk Indonesia

Oxygen for Indonesia, Gerakan Gotong Royong dari Indonesia untuk Indonesia

19 Desember 2021

Penyelesaian pandemi Covid-19 tidak bisa dilakukan hanya oleh pemerintah, dibutuhkan peran dan kolaborasi berbagai pihak termasuk di antaranya warga negara.

Adalah Oxygen for Indonesia, sebuah gerakan yang mengajak pegiat start-up, korporasi dan seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk menggalang dana secara bersama-sama. Kemudian, pengelolaan dana tersebut untuk menyelamatkan jutaan nyawa dari ancaman pandemi Covid-19. Gerakan ini memberikan akses pada oxygen concentrator yang saat ini sangat rumah sakit butuhkan.

 

Oxygen for Indonesia, Gerakan Gotong Royong dari Indonesia untuk Indonesia

Oxygen for Indonesia saat ini sudah menghimpun donasi lebih dari Rp 24 miliar. Gerakan ini sendiri merupakan sebuah gerakan yang diinisiasi oleh pegiat start-up, perusahaan modal ventura lokal, dan regional.

Gerakan-gerakan yang sudah ada sebelumnya seperti wargabantuwarga.com, situs dan hotline covid berbasis relawan. Juga Indonesia PASTI BISA, sebuah gerakan kolaboratif oleh East Ventures untuk memerangi pandemi Covid-19 di Indonesia, juga telah bergabung untuk tujuan yang sama.

Adapun perusahaan modal ventura lokal dan regional yang telah bergabung termasuk di antaranya adalah East Ventures, Sequoia India, Intudo Ventures. Bergabung pula Goventures, Golden Gate Ventures, AC Ventures, Jugle Ventures, Asia Partners, Monk’s Hill Ventures, Open Space Ventures, dan SMDV. Perusahaan startup yang turut berpartisipasi, yaitu Kitabisa, Peluang, Mapan, BukuWarung, Halodoc, TokoCrypto, Payfazz, Adovotics, eFishery, Waresix, YCombinator, KAYA.ID, Bibit, Flip, Bonza dan Investree.

Gerakan ini mendapat respon positif dari berbagai pihak termasuk apresiasi dari Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin. Budi mengapresiasi inisiatif para pemuda untuk mengadakan gerakan gotong royong seperti ini.

“Apresiasi yang sangat tinggi dari kami, mewakili pemerintah Indonesia kepada Gerakan Oxygen for Indonesia yang luar biasa. Khususnya dalam mengumpulkan partisipasi dan donasi dari masyarakat luas dengan target angka hingga 10 Juta US Dollar. Gerakan ini (termasuk di dalamnya Indonesia PASTI BISA Jaga Oksigen) telah mendatangkan 2.500 konsentrator oksigen secara bertahap hingga 16 Agustus lalu,” tutur Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin.

Kali ini Gerakan Oxygen for Indonesia kembali memenangkan penghargaan Kategori Kontribusi Kemanusiaan dalam Respons Covid-19 dalam ajang Humanity Award 2021 yang berlangsung di Java Ballroom, Hotel Millennium Sirih Jakarta, Rabu lalu.

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-812-8080-4561