Pesantren Qurrota A’yun Masohi, Bertekad Beri Pendidikan Terbaik untuk Duafa

Pesantren Qurrota A’yun Masohi, Bertekad Beri Pendidikan Terbaik untuk Duafa

6 Januari 2022

Pada kesempatan kali ini tim Human Initiative menyampaikan kisah semangat berjuang dan belajar dengan segala keterbatasan dari pelosok Maluku yang perlu kita bersama teladani. Di Kepulauan Maluku tepatnya di Km 10, Kel. Hollo, Kec. Amahai l Kab. Maluku Tengah Provinsi Maluku, berdiri sejak tahun 2016 sebuah pesantren sederhana milik Ustad Zakariya, Pesantren Qurrota A’yun Masohi. Sejak 5 tahun yang lalu, Ustad Zakariya mendirikan pesantren untuk warga ini tanpa memungut biaya sepeserpun.

 

Pesantren Qurrota A’yun Masohi, Bertekad Beri Pendidikan Terbaik untuk Duafa

Pada awalnya beliau melihat banyaknya orang yang belum memeluk agama di sini dan mulai tertarik pada Islam. Akhirnya dengan dana seadanya yang beliau miliki, sedikit demi sedikit bangunan pesantren untuk Warga Desa Hollo terbangun. Santri yang belajar di antaranya adalah Duafa, Yatim dan Mualaf. Mereka sekolah terpisah di beberapa SMP dan SMA yang ada di Desa dengan jarak tempuh 1-3 KM. Terdapat total 36 Siswa dengan 20 orang Laki-laki dan 16 Perempuan.

Warga pun ikut membantu seadanya agar pesantren bisa beroperasi dengan baik, namun karena keterbatasan dana, belum ada bangunan sekolah di sini. Pesantren ini hanya sebagai Pondok Penghafal Quran dan asrama santri saja. Sebagian bangunan di pesantren ini juga masih berupa bangunan kayu. Kamar para santri pun belum lengkap dengan kasur. Mereka tidur selama ini beralaskan karpet mesjid saja.

Santri di sini punya jadwal harian yang cukup padat loh teman-teman. Setiap subuh, mereka mengadakan kajian islam rutin serta menyetorkan hafalan Al-Quran mereka. Kemudian mereka pergi belajar ke sekolah formal di beberapa SMP dan SMA di desa. Tak berhenti sampai sana, pada sore hari mereka melanjutkan menimba ilmu dengan tilawah Al-Quran, menghafal Al-Quran, serta menghafal hadits. Setelah malam menjelang, mereka kemudian mengulang pelajaran yang telah mereka pelajari di sekolah tadi siang.

Dengan jam terbang serta semangat belajar yang sangat tinggi, sangat disayangkan fasilitas belajar mereka tidak mendukung kenyamanan. Padahal saat ini saudara kita membutuhkan bangunan sekolah, kamar asrama, kebutuhan makan, serta tempat tidur.

Sahabat Inisiator, yuk kita berbagi kenyamanan dengan teman-teman kita yang sedang sama-sama berjuang menuntut ilmu di Pesantren Qurrota A’yun Masohi. Kita bisa menyumbang doa serta harta kita untuk nanti dibelikan berbagai kebutuhan teman-teman kita dengan cara mengunjungi website Solusi Peduli.

Kami tunggu donasi terbaik Sahabat Inisiator.

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-811-9342-667